Breaking News

6/recent/ticker-posts

BEM UNW Mataram laksanakan Seminar peringatan Hari Pahlawan

 

Foto: Kegiatan Seminar Hari Pahlawan di Aula UNW Mataram


Mataram- memperingati Hari Pahlawan, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Nahdlatul Wathan Mataram laksanakan Seminar, Selasa, 10/11.


Seminar tersebut mengangkat tema " Meneladani Akhlak Rasulullah SAW dan Maulana Syaikh TGKH Muhammad Zainudin Abdul Majid sebagai Implementasi jiwa Pahlawan di Era Milenial" 


Ketua BEM UNW Mataram, Ahayar Rosidi, mengatakan Peringatan hari Pahlawan yang juga bertepatan dengan Momentum Bulan Maulid sebagai Acuan pengangkatan tema seperti yang dimaksud.


"Karena sekarang Momentumnya masih Bulan Maulid sehingga kita mengangkat Tema itu" katanya


Rektor UNW Mataram, TGH. Lalu Muhyi Abidin, MA dalam Sambutannya mengucapakan Apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan yang diinisiasi BEM UNW Mataram.


"Kami merasa bangga terhadap adik-adik BEM dengan terlaksanannya kegiatan seminar ini" Ungkapnya


Menurutnya, Kegiatan-kegiatan Seperti itu juga sebagai Implementasi terhadap Nilai-nilai Kepahlawanan Rasulullah SAW, dan juga Pendiri UNW Mataram, Maulana Syaikh TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid dalam membangun Ummat.


"Seminar ini juga termasuk dalam bagian Aplikasi keteladanan dan perjuangan Rasulullah SAW dan Alamghfurullah Maulana Syaikh dalam membangun Peradaban Ummat yang bisa kita rasakan Sampai saat ini" jelasnya


Dalam kegiatan tersebut, hadir sebagai Narasumber, Ketua DPRD Kota Mataram, H. Didi Sumardi, SH. Guru Besar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mataram, Prof. Dr. Sayyid Agil Al-Idrus, Akademisi Universitas Mataram, Dr. Lalu Sumardi, M.Pd.


Ketua DPRD, Kota Mataram, H. Didi Sumardi, SH. Dalam penjelasannya Menyampaikan, Mahasiswa dalam Aktualisasi Pengamalan dan penghayatan Keteladanan Pahlawan haruslah mempersiapkan diri dengan mampu berfikir secara Global.


"Mendesain diri agar lebih baik untuk meneladani para pahlawan dengan Selalu berpikir Global untuk menghadapi Ancaman Eksternal maupun internal, dengan seperti itu, tentunya akan mampu juga bertindak sebagai bagian dari penyelamat Bangsa dari berbagai tindakan misalkan Korupsi dan yang lainnya" Urainya.


Sementara Guru Besar FKIP Unram, Prof. Dr. Sayyid Agil Al-Idrus mengatakan, Penerapan Nilai-Nilai Kepahlawanan bisa digali dalam Sejarah kehidupan Almaghfurlah Maulana Syaikh yang selama hidupnya mengabdi untuk kepentingan peradaban Ummat, Agama dan Negara melalui Organisasi Nahdlatul Wathan.


"Sejarah Kehidupan Guru Besar kita, Almaghfurullah Maulanasyaikh menjadi Contoh yang harus kita terapkan dalam Kehidupan kita, semangat beliau dalam mencerdaskan Kehidupan Bangsa dan Negara bisa kita lihat hingga saat ini, Melalui Nahdlatu Wathan, Generasi-generasi Cemerlang banyak terlahir" Ungkapnya


"meneladani para pahlawan itu harus Selalu menjaga keseimbangan antara fisik, material dan mental spritual" Lanjutnya


Menutup Kegiatan, Dr. Lalu Sumardi, M.Pd menyimpulkan, peningkatan Budaya-Budaya literasi juga menjadi Bagian penting dalam mengaktualisasi Nilai-nilai Kepahlawanan seperti yang dilakukan Almaghfurlah Maulanasyaikh dengan banyak membangun Sarana-Sarana Peningkatan pembangunan Sumber Daya Manusia.


"Meningkatkan budaya literasi untuk mengimplementasikan jiwa pahlawan dalam rangka mencerdaskan bangsa" tutupnya


Kegiatan tersebut dihadiri oleh Mahasiswa UNW Mataram, BEM Nusra dan Organisasi Kepemudaan dan Kemahasiswaan.(red)





Post a Comment

0 Comments