Breaking News

6/recent/ticker-posts

Pemdes Rarang Berikan Pelayanan kepada Masyarakat secara Online

 

Foto: Sekertaris Desa Rarang dan Staf Desa


Lombok Timur - Wabah Pandemi Covid-19 hingga kini belum masih belum juga berakhir, untuk menekan Lonjakan penularannya, berbagai macam upaya telah dilakukan pemerintah.


Di Desa Rarang, Kabupaten Lombok Timur, Untuk menghindari kerumunan warga, pemerintah Desa telah mengupayakan pelayanan Secara Online untuk Masyarakat yang ingin mengurus keperluan Administrasi di Desa.


"Masyarakat yang ingin membuat surat rekomendasi, mulai dari Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga dan keperluan lainnya kita upayakan secara Online, mengingat Wabah Pandemi Covid-19 ini, jadi sebisa mungkin kita hindari Masyarakat untuk melakukan Kerumunan " kata Sekertaris Desa Rarang, Irwan, Selasa 27/10 di Lombok Timur


Dijelaskan Irwan, pelaksanaan Layanan Masyarakat secara Online tersebut dengan Mekanisme pembentukan Kelompok-kelompok Kerja di setiap Dusun dengan Melibatkan Perangkat Desa mulai dari Kepala Dusun hingga RT.


"Kita bentuk kelompok Kerja, yang nantinya Kelompok Kerja ini bisa membantu Masyarakat yang tidak memiliki Ponsel untuk mengirimkan Berkas-berkas Persyaratan ke Desa, selanjutnya kita akan buatkan sesuai dengan apa yang diajukan untuk dibuatkan" paparnya


pelayanan online tersebut, Lanjut Irwan, tidak melulu harus melalui Kelompok Kerja, Namun bisa juga langsung dikirim ke Link Desa atau Via WhatsApp secara Personal ke Nomer Kontak Desa.


"Kayak yang kemarin, ada salah satu warga masyarakat yang mau dibuatkan Surat Ijin Usaha, dia langsung kirim ke saya melalui whatsapp berkas dokumumennya berupa salinan Fotocopy KTP dan lainnya" Jelasnya 


Menurutnya, dengan adanya pelayanan Secara Online tersebut setidaknya bisa menekan kerumunan dan membantu meringankan beban Masyarakat.


"Memudahkan akses pelayanan yang efektif dan efisien sehingga masyarakat kita juga tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya kesana- kemari. Jadi bisa dengan memanfaatkan tekhnologi yang ada di genggamannya" tutupnya.(lun)

Post a Comment

0 Comments