Breaking News

6/recent/ticker-posts

Waspada!!! Lombok Timur bagian selatan diprediksi mengalami kekeringan Parah

Foto; Ilustrasi

Lombok Timur- Pemetaan wilayah yang akan mengalami bencana kekeringan dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Timur.

Dari pemetaan tersebut terhitung sebagian Besar Wilayah di Kabupaten Lombok Timur akan terdampak.

“Ada 14 kecamatan yang sudah kami cek dan sudah melapor ke BPBD,” tutur Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD, Lalu Rusnan , Selasa (04/08).

Dari sejumlah 14 kecamatan yang terhitung tersebut, sebagian besar berada di wilayah selatan akan mengalami dampak yang cukup parah, seperti Kecamatan Jerowaru, Kecamatan Keruak, dan Kecamatan Sakra Timur.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, BPBD Lanjutnya, telah membangun sumur bor di tiap-tiap desa yang pengelolaannya diserahkan ke desa, akan tetapi pihak desa selama ini dinilai lepas tangan yang menyebabkan sumur bor tidak terurus dengan baik.

“Setelah kita bangunkan sumur bor dan pengelolaannya kita serahkan ke desa, sayang sekali desa seolah acuh tak acuh dalam mengelolanya,” sesalnya.

Selain melakukan survei, lanjutnya, pihak BPBD selama ini telah melakukan penelitian penyebab terjadinya dampak kekeringan. Contohnya di Kecamatan Sambalun, penyebab terjadinya kekeringan di wilayah itu disebabkan oleh putusnya jaringan pipa yang disalurkan ke permukiman warga. Sedangkan di Kecamatan Jerowaru, sulitnya menemukan sumber mata air bawah tanah menjadi salah satu penyebab terjadinya kekeringan di wilayah selatan Lotim tersebut.

“Di Kecamatan Jerowaru seperti Desa Pemongkong dan Ekas, sumber mata air bawah tanah sulit kita temukan. Kalaupun ada kedalamannya mencapai 200 meter. Walaupun kita bangunkan sumur bor akan jadi sulit. Mau tidak mau kita distribusikan air lewat darat,” pungkas Rusnan.

Adapun 14 kecamatan yang termasuk dalam kategori kekeringan adalah Kecamatan Jerowaru, Kecamatan Keruak, Kecamatan Sakra Timur, Kecamatan Sambelia, Kecamatan Sembalun, Kecamatan Terara, Kecamatan Selong, Kecamatan Suela, Kecamatan Aikmel, Kecamatan Montong Gading, Kecamatan Sikur, Kecamatan Sakra, Kecamatan Suralaga dan Kecamatan Lenek.

Post a Comment

0 Comments