Breaking News

6/recent/ticker-posts

Peningkatan Ekonomi Masyarakat melalui UMKM Menjadi Perhatian Pemdes Kembang Kerang

Foto; Yahya Putra, S.Pd. Kades Kembang Kerang, Kecamatan Aikmel

Lombok Timur - Pandemi Covid-19, tidak menghalangi pemerintah desa Kembang Kerang kecamatan Aikmel dalam mengembangkan potensi alam yang melimpah di desanya, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusianya, salah satunya dengan melakukan pendekatan dan perhatian penuh terhadap apa yang menjadi kebutuhan pokok kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di desanya.

"Kaitan dengan adanya warga atau masyarakat kami yang mempunyai kelompok UMKM, kami Sangat mengapresiasi dan ini tentunya menjadi perhatian pemerintah desa, yang mana nantinya bisa menjadi sumber penghasilan dan pendapatan dari masyarakat kita sendiri secara berkelanjutan" kata Kades Kembang Kerang, Yahya Putra, S.pd, saat ditemui di kediamannya Kamis (27/08).

Kata Yahya, sebagai bentuk perhatian PemDes Kembang Kerang, pihaknya memberikan strategi dan gagasan, sehingga kelompok-kelompok usaha masyarakat bisa mendapatkan hasil yang memuaskan dan yang paling penting ekonomi masyarakat meningkat.

"Kami dari pemerintah desa, langsung melakukan pendekatan kepada masyarakat, terutama kepada mereka yang punya berbagai macam usaha, diantaranya anyaman, lukisan wajah dengan bambu, tempat nasi dari bambu, keripik pisang dan lain sebagainya dengan menggunakan bahan baku yang ada disekitar lingkungannya. Sehingga untuk bisa diberdayakan, usaha masyarakat kita ini. Pertama kita data, dengan begitu kami akan mengetahui apa keluhan dan kebutuhan mereka untuk dikembangkannya" terangnya

Lanjut Yahya, setelah didata, mereka ini terus diberdayakan dengan memberikan pelatihan-pelatihan untuk lebih maksimal dari apa yang jadi usahanya. Dan produk dari usaha mereka ini ditampung di Badan Usaha Milik Desa Mart (Bumdes Mart). Dengan adanya Bumdes Mart ini, masyarakat saat ini menjadi mudah untuk proses pemasarannya dan tarif harga yang diberikan ke masyarakat juga lumayan memuaskan.

"Ya, produk kelompok UMKM masyarakat ini, kita tampung di Bumdes Mart, tentunya dengan cara membelinya dengan harga yang sesuai standar barangnya sebagai salah satu wujud untuk memberdayakan masyarakat, di samping kita berikan pelatihan, dengan tujuan untuk peningkatan perekonomian masyarakat tersebut," paparnya

Ia menambahkan, banyaknya usaha yang diproduksi oleh masyarakatnya dalam bentuk apapun itu, tetap didukung dan selalu difasilitasi dari pemerintah desa. Dengan begitu masyarakat ini menjadi ada kerjaan dan mandiri, apalagi produk dari desa lain juga bisa ditampung di Bumdes Mart untuk kemajuan bersama. 

"Masyarakat itu ada aktivitas dalam bentuk usaha, dan kalau ada produk dari luar desa juga bisa kita tampung di Bumdes Mart kita ini untuk dipasarkan demi kepentingan bersama, dengan begitu mereka menjadi mandiri. Masyarakat ini tidak jadi meminta dan bisa meningkatkan pendapatan keluarga, lebih-lebih bisa mencukupi semua kebutuhan setiap harinya" tandasnya

Kades Yahya berharap kepada pemerintah,  baik pusat, provinsi maupun daerah agar Bumdes yang ada di desanya itu dapat dimanfaatkan dan diberikan dorongan untuk maju. Dengan begitu desanya dan desa-desa lainnya juga menjadi mandiri.

"Kita yang punya Bumdes di sini tentunya dapat didorong dan diberikan untuk pengadaan bantuan, apakah itu bantuan PKH ataupun BPNT. Dengan begitu, masyarakat kami dan masyarakat desa lainnya itu bisa diberdayakan dan perputaran uang juga tetap di masyarakat. Sehingga apa yang menjadi hajatan Pak Bupati kita untuk Bumdes diberdayakan akan terwujud untuk kepentingan masyarakat, dan mampu bersaing dikancah nasional bahkan internasional," tutupnya.(LN)

Post a Comment

0 Comments