Breaking News

6/recent/ticker-posts

Kembangkan NW Bidang Sosial, Gedung LKSA NW Dibangun

Foto; suasana peletakan Batu pertama LKSA NW Nurul Wathan

Lombok Timur - Dalam upaya mendukung program Ketua Umum PBNW Syaikhuna Tuan Guru Bajang KH Muhammad Zainuddin Atsani, dan Pengembangan Perjuangan Nahdlatul Wathan di Bdang Sosial, salah seorang kader NW di Desa Montong Tangi Kecamatan Sakra Timur, Kabupaten Lombok Timur NTB membentuk sebuah lembaga sosial yaitu Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak ( LKSA) yang diberi nama LKSA NURUL WATHAN NW. Untuk lebih optimal program LKSA ini, pada Sabtu (11/07) dilakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung LKSA Nurul Wathan NW, setelah mendapat restu dari Ketua Umum PBNW Syaikhuna Tuan Guru Bajang KH Muhammad Zainuddin Atsani.

Acara peletakan batu pertama pembangunan gedung LKSA Nurul Wathan NW Montong Tangi NW ini dihadiri Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Lotim H Mohammad Zainuddin/ yang mewakili Wakil Bupati H Rumaksi yang berhalangan hadir Ketua Pengurus Daerah NW Lombok Timur TGH M Muzayyin Shabri, M.Pd.I Kepala Desa Montong Tangi dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutanya, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, M Zainuddin mengungkapkan atas nama pemerintah daerah Lombok Timur, memberikan apresiasi atas pembangunan gedung LKSA ini, sebagai upaya membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dan ikut memberikan perhatian kepada anak yatim dan terlantar di Lombok Timur.

“Keberadaan lembaga sosial ini adalah hal yang sangat positif dalam upaya membantu pemerintah dalam memperhatikan anak yatim dan terlantar,”ucapnya.

Kata Zainuddin, Pemerintah tentu akan mensuport lembaga-lembaga sosial seperti ini dalam rangka memberikan pelayanan kepada kelompok masyarakat yang dengan sukarela mau berkontribusi kepada daerah, dan tentunya dukungan dari pemerintah desa dan masyarakat setempat akan sangat besar artinya untuk keberlangsungan lembaga sosial ini.

Ketua PD NW Lombok Timur TGH Muzayyin Shobri, dalam tausyiahnya menjelaskan betapa besar kemuliaan bagi orang yang memuliakan dan menjaga anak yatim, karena Rasulullah SAW sendiri lahir dalam keadaan yatim. Bahkan banyak para imam dan ulama lahir dari keluarga tidak mampu dan yatim, sebut saja Imam Al Gazali dan Imam Bokhari juga menjadi seorang imam dan hujjah Islam lahir dari kehidupan yang serba kekurangan.

“Oleh sebab itu, mati kita sisihkan rezki untuk anak-anak-yatim kita. Dan keberadaan LKSA ini tentu akan menjadi wadah kita untuk beramal sebagai bekal akherat. Mari kita ikut membantu keberlangsungan lembaga ini supaya beban anak yatim dan terlantar bisa kita kurangi,”ajaknya.

Sementara itu, Kepala Desa Montong Tangi, H Thohir Endang mengatakan dengan adanya LKSA ini tentu pemerintah Desa Montong Tangi terbantu dalam mengurus anak yatim dan terlantar dan ini kami syukuri atas nama warga Desa Montong Tangi kami menyampaikan terima kasih kepada penggagas LKSA ini.

“Kendati warga kita ini tidak menetap di Desa Montong Tangi, tapi dia selalu memikirkan kemajuan tanah kelahirannya. Ini harus kita apresiasi dan kami pihak pemerintah desa tidak tinggal diam dengan pembangunan gedung LKSA ini,”ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua LKSA Nurul Wathan NW Montong Tangi, Hasanah Efendi dalam laporannya megatakan program LKSA ini sebenarnya sudah lama berjalan, tapi untuk dilegalkan lembaga ini dan tercatat di Dinas Sosial Lombok Timur baru pada tahun 2019 kemaren.

“Hingga saat ini lembaganya baru bisa menampung 50 anak yatim dan terlantar  termasuk menyantuni orang jompo kendati lembaganya belum ada. Kedepan semoga semakin banyak anak-nak kurang beruntung bisa kita tamping,”ucapnya.

Ia juga bertekad kedepannya lagi, bukan saja lembaga sosial yang dibangun, akan tapi semoga lembaga pendidikan juga bisa kita bangun demi kemajuan desa kita tercinta ini, terutama dalam pengembangan NW.

“Kita mohon dukungan kepala desa dan warga Montong Tangi  untuk menyukseskan pembangunan gedung LKSA supaya cepat bisa dimanfaatkan oleh anak-anak kita,”pungkasnya. (vin)

Post a Comment

0 Comments