Ticker

6/recent/ticker-posts

Pingin tau bukti tertulis proses Pelayanan Medismu, di RSUD Provinsi NTB sudah ada Tim PMIK

Foto; Salah seorang staf RSUD sedang bekerja

Mataram- Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat terus memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Adapun pelayanan yang dimaksud diantaranya dibagian instalasi rekam medis yang terletak di Gedung Mainhall. Dimana pelayanan rekam medis berada di lantai 1 Gedung RSUD Provinsi, sementara penyimpanan dan administrasi rekam medis berada di lantai 2.

RSUD Provinsi NTB Perkenalkan Tim PMIK
Rekam medis merupakan bukti tertulis tentang proses pelayanan diberikan oleh dokter dan tenaga kesehatan lainnya kepada pasien. Hal ini merupakan cerminan kerjasama lebih dari satu orang tenaga kesehatan untuk menyembuhkan pasien.

“Bukti tertulis pelayanan yang dilakukan setelah pemeriksaan tindakan, pengobatan sehingga dapat dipertanggungjawabkan,” ungkap Anika Rizka merupakan tenaga Perekam Medis dan Informasi Kesehatan (PMIK) di RSUD Provinsi NTB.

Anika menjelaskan, proses pelayanan itu di awali identifikasi pasien baik jati diri, maupun perjalanan penyakit, pemeriksaan, pengobatan dan tindakan medis lainnya yang akan dijadikan dasar dalam menentukan tindakan lebih lanjut, bentuk upaya pelayanan maupun tindakan medis lainnya yang diberikan kepada seorang pasien yang datang ke Rumah Sakit.

“Jadi falsafah rekam medis itu mencantumkan nilai Administrasi, Legal, Finansial, Riset, Edukasi, Dokumen, Akurat, Informatif dan dapat dipertanggungjawabkan (ALFRED AIR),” kata dia.

Dia menuturkan, pengelolaan rekam medis di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB menjadi tanggung jawab Instalasi Rekam medis.

Perlu diketahui lanjut Anika, tenaga Perekam Medis dan Informasi Kesehatan (PMIK) adalah profesi yang memfokuskan kegiatannya pada data pelayanan kesehatan dan pengelolaan sumber daya informasi pelayanan kesehatan dengan menerjemahkannya kedalam berbagai bentuk informasi seperti laporan kunjungan pasien, 10 besar penyakit, kelengkapan pengisian rekam medis dsb untuk mendukung pelayanan kesehatan.

Kegiatan rekam medis di RSUD Provinsi NTB mulai dari penyediaan rekam medis, kodefikasi diagnosa penyakit dan tindakan, analisa dan pengolahan data sampai dengan penyimpanan berkas rekam medis.

“Selain itu juga, membantu menyiapkan data untuk pendidikan dan penelitian,” ujarnya.

Anika Rizka mengaku, sebagai seorang PMIK yang sehari-hari bekerja di bagian Analisa Rekam Medis secara kuantitatif, Analisa Rekam Medis adalah telaah/review kelengkapan pengisian rekam medis yang selanjutnya akan di olah menjadi sebuah informasi statistik berupa grafik kelengkapan, pengisian rekam medis, terus berusaha memberikan yang terbaik untuk masyarakat.

“Yuk bantu Pemerintah menjadi ‘pejuang’ dalam memutus rantai penularan virus ini dengan tetap di rumah, wajib menggunakan masker dan rajin cuci tangan,” pungkasnya

Post a Comment

0 Comments