Ticker

6/recent/ticker-posts

Jangan Takut tersesat Jalan, RSUD NTB sudah siapkan Tour Guide

Foto; H. Sadikin Apriadi, S.Kep.Ns.MS

Mataram- Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB menyiapkan Manajer Pelayanan Pasien (MPP) atau tour guide yang akan memandu pasien selama di rumah sakit.

MPP Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB, H. Sadikin Apriadi, S.Kep.Ns.MS menyampaikan, pasien yang masuk Rumah Sakit merupakan pengalaman baru, banyak proses pemeriksaan, banyak prosedur yang dijalani, relatif banyak yang tidak jelas.

“Pasien tidak pernah mendapat “pendidikan untuk menjadi pasien” sehingga pasien memerlukan seseorang yang akan memandu pasien selama di rumah sakit (tour guide). Pasien membutuhkan Manajer Pelayanan Pasien (MPP). Sekarang RSUD Provinsi NTB sudah menyiapkan hal itu,” ungkapnya, Rabu 24 Juni 2020.

Sadikin menjelaskan mengenai MPP yakni suatu proses kolaboratif untuk asesmen, perencanaan, fasilitasi, koordinasi pelayanan, evaluasi dan advokasi untuk opsi dan pelayanan bagi pemenuhan kebutuhan komprehensif pasien dan keluarganya, melalui komunikasi dan sumber daya yg tersedia sehingga memberi hasil asuhan pasien yg bermutu dengan biaya efektif. (KARS, 2017)

Untuk diketahui, sosok MPP Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB, seperti H. Sadikin Apriadi, S.Kep.Ns.MS berlatar belakang pernah bekerja di Global Assistance & Health Care, Jakarta Tahun 2003-2004 dan UGD RSUD Provinsi NTB dari Tahun 2005-2017, menjadikan H. Sadikin (panggilan akrabnya) mantab menjadi MPP sejak 2019.

Disamping itu riwayat pendidikan juga mendasarinya menjadi seorang MPP Andalan, diantaranya D3 keperawatan di Poltekes Mataram Tahun 2001, S1 Keperawatan di Stikes Yarsi Mataram tahun 2011, dan S2 Keperawatan (International Advance Program in Nursing) di National Cheng Kung University Taiwan Tahun 2019.

Pendidkan terakhir yang pernah dijalankannya tersebut, menjadikan H. Sadikin selalu memangani pasien khusus dari luar negeri. termasuk saat menangi pasien yang berasal dari Tirai Bambu beberapa bulan lalu yang pernah dirawat di RSUD Provinsi NTB.

Pengalaman sekolah di Taiwan, seringkali menjadi bahan diskusi sesama temannya terutama terkait etos kerja dan pola penanganan bencana sehingga di Era Pandemi ini H. Sadikin ikut bergabung di Sekretariat Posko Bersama Penanganan Covid 19.

“RSUD Provinsi NTB melayani dengan tulus dan santun,” tutupnya (red)

Post a Comment

0 Comments