Breaking News

6/recent/ticker-posts

Cegah Covid-19, APKLI Loteng Semprotkan Cairan Disinfektan Di Padat Penduduk

Foto; APKLI sedang menyemprotkan Cairan disinfektan

Lombok Tengah- Asosiasi Pedagang Kaki Lima (APKLI) Lombok Tengah (Loteng), tancap gas bantu Pemerintah dalam mengatasi penyebaran virus Corona, khususnya di jantung Kecamatan Praya Loteng, yang dinilai padat penduduk.

Ketua posko pencegahan Corona APKLI Loteng Nasrullah mengatakan, sebagai warga negara yang taat pada aturan, tentunya pihaknya selaku anggota APKLI Loteng, bersama anggota merasa terpanggil untuk berbuat bagi negeri. "Saat ini negara kita sedang mendapatkan musibah, kita sebagai warga negara Indonesia yang taat pada aturan, harus melaksanakan instruksi pimpinan, termasuk melakukan penyemprotan disinfektan," katanya kemarin.

Untuk kegiatan Penyemprotan disinfektan perdana ini lanjutnya, pihaknya telah memilih Kelurahan padat penduduk, seperti di Kelurahan Praya Kampung Jawa. "Kampung Jawa bisa dikatakan penduduknya padat, makanya program Penyemprotan Disinfektan awal ini kita lakukan di Kelurahan Praya," ungkapnya.

Demi sukses dan lancarnya kegiatan tersebut lanjut kader PDI perjuangan, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan remaja Kampung Jawa Praya yang didukung penuh oleh pihak kelurahan. Dan beberapa titik Penyemprotan Disinfektan sudah dilakukan sebelumnya.

"Kita libatkan remaja pemuda kampung Jawa, makanya dalam Penyemprotan Disinfektan ini, sebelumnya sudah ditentukan sehingga prosesnya berjalan sesuai yang kita harapkan," ujarnya.

Dijelaskan, adapun titik titik Penyemprotan disinfektan yang dilakukan di kampung jawa, diantaranya di sekitar kompleks pertokoan praya, tempat-tempat keramaian di kampung jawa dan sekitarnya. Termasuk di Tempat Pembuangan Sampah (TPS). "Khusus TPS, kita bersihkan terlebih dahulu, baru kita lakukan penyemprotan disinfektan," jelasnya.

Selanjutnya, alat yang penyemprotan yang diturunkan menggunakan alat sederhana, termasuk mengerahkan dua armada mesin pompa yang diangkut dengan dua unit kendaraan roda tiga dan beberapa alat sederhana lainnya.

Sebelum dilakukan penyemprotan disinfektan, pihaknya bersama remaja kampung Jawa telah membagikan ribuan masker dan sarung tangan kepada seluruh pedagang kaki lima dan masyarakat yang ada disekitar Kota Praya.

Sebagai implementasi kelanjutan dari program APKLI ini, sesuai hasil kesepakatan akan menempatkan gentong air dibeberapa tempat strategis, dan itu bisa dimanfaatkan oleh orang banyak untuk mencuci tangan.

"Kita akan manfaatkan gentong gentong bekas, dan itu kita sudah modifikasi biar kelihatan lebih bagus," tutupnya.

Sementara itu, ketua APKLI Loteng M. Samsul Qomar mengaku, apa yang dilakukan oleh organisasi APKLI, sebagai salah satu bukti nyata, kalau memberantas virus Corona, harus melibatkan semua pihak. Sebab penyakit membahayakan ini, tidak bisa mengandalkan peran pemerintah semata namun semua pihak harus ikut membantu.

"Kita tidak bisa mengandalkan pemerintah saja, sebab virus ini cukup berbahaya sehingga kita semua merasa terpanggil untuk melakukan hal yang sama, membasmi," katanya.

Selanjutnya, setelah di kampung Jawa, pihaknya juga akan melakukan hal yang sama di sejumlah titik, terutama yang ada di padat penduduk di sekitar Kecamatan Praya.

Post a Comment

0 Comments