Gelorakan Nasionalisme, Pemuda NW Lotim Gelar Dialog Kebangsaan

*Foto: SuaraRinjaninews.co.id*

Lombok Timur - Pimpinan Daerah Pemuda NW Lombok Timur menggelar acara Dialog Kebangsaan di Auditorium STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani Lombok Timur Sabtu, (14/12).

Ketua Panitia kegiatan, Abdul Mukmin Rifai Yasin, M.Si. dalam laporannya menyampaikan, giat Dialog Kebangsaan ini diikuti oleh ratusan pemuda, mahasiswa dan pelajar.

"Sudah seharusnya generasi muda di daerah-daerah diberikan pemahaman tentang nasionalisme dan cinta tanah air sejak dini sehingga nilai-nilai kebangsaan tersebut dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari" ucapnya.

Ketua Pimpinan Daerah Pemuda NW Lombok Timur, Hasanah Efendi, M.IKom., dalam sambutannya menyebutkan kegiatan Dialog Kebangsaan ini merupakan agenda rutin dari Pemuda NW setiap tahunnya.

“Ini merupakan kali ke tiga kami mengadakan Dialog Kebangsaan setelah tahun kemarin kami mengangkat tema Perangi Narkoba, tahun ini kami mengangkat tema ‘Meneguhkan Semangat Nasionalisme dalam Bingkai NKRI," ucapnya.

Pada kesempatan tersebut Ketua Pemuda NW Lotim juga mengingatkan pidato Presiden RI ke 2 H.M. Soeharto yang disampaikan 22 tahun yang lalu bahwa jika generasi muda tidak cinta produk dalam negeri maka siap-siap akan dijajah oleh bangsa asing. Pidato beliau saaat itu menjadi warning sekaligus tantangan bagi generasi bangsa Indonesia.

“Jadi, hanya dengan rasa kecintaan kepada produk lokal dan cinta kepada budaya sendiri yang bisa membuat bangsa ini akan terus kokoh. Tapi, jika generasinya terlalu cinta dengan produk luar negeri, maka siap-siap bangsa kita akan hilang dan hancur,”tandasnya.

Sementara Bupati Lombok timur yang diwakili Kadis Pariwisata Lotim Dr. H. Mugni, M.Pd. dalam sambutannya sekaligus pembuka acara mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Pemuda NW, sejatinya nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air harus ditanamkan sedari dini, harus dimulai dari hal-hal yang kecil, identitas dan budaya kita harus dilestarikan.

“Saat ini Pemkab Lotim sedang menggalakan untuk mencintai budaya Sasak dengan mengharuskan semua PNS untuk memakai pakaian adat Sasak pada setiap hari Kamis,” jelasnya.

Lebih lanjut, Pemerintah daerah sangat mengparesiasi kegiatan yang dialksanakan Pemuda NW sebagai upaya ikut membentengi dari faham-faham yang bisa merusak keutuhan berbangsa dan bernegara.

“Pemuda sebagai agen perubahan harus mampu menjadi benteng keutuhan NKRI. Namun kalau generasi mudanya berpangku tangan dan acuh terhadap keadaan bangsanya jangan harap bangsa kita akan maju,”pungkasnya.

Kegiatan Dialog Kebangsaan yang digelar tersebut menghadirkan pembicara dari unsur TNI, Polres Lotim disampaikan Kasat Bimas IPTU Muhajirin, Kepala Bakesbangpoldagri Lotim, Drs. Salmun Rahman  dan dari unsur organisasi kemasyarakatan NW yang disampaikan Sekjend. PBNW,  Prof. Dr. TGH. Fakhrurrozi Dahlan, MA.

0 Response to "Gelorakan Nasionalisme, Pemuda NW Lotim Gelar Dialog Kebangsaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel