Yasasan Pendidikan Darul Mujahidin NW Mataram menggelar Apel Hari Pahlawan



Mataram krikkrik.net- Apel Pengibran sangsaka Merah Putih dalam rangka Memperingati Hari Pahlawan oleh Yayasan Pendidikan Darul Mujahidin (YPDM) Nahdlatul Wathan Mataram berlangsung khidmat. Apel tersebut dihadiri oleh segenap unsur dan lembaga yang ada di bawah naungan YPDM Mataram. Hadir dalam acara apel guru dan siswa MTs. NW Mataram, guru dan siswa SMP NW Mataram, guru dan siswa SMA NW Mataram, guru dan siswa MA NW Mataram, guru RA Muslimat NW Mataram, beserta dosen dan mahasiswa Universitas Nahdlatul Wathan (UNW) Mataram dan organisasi kemahasiswaan yaitu Himpunan Mahasiswa Nahdlatul Wathan (HIMMAH NW) Mataram.

Isnaini M.Pd selaku ketua panitia Peringatan Hari Pahlawan 2019 mengatakan bahwa 10 November 2019 adalah puncak peringatan hari pahlawan 2019 yang diselenggarakan sejak tanggal 8 November lalu.

"Hari ini puncak dari rangkaian peringatan hari pahlawan" kata Isnaini.

Ditanya mengenai tema peringatan hari pahlawan tahun ini, Isnaini mengungkapkan bahwa tema yang diangkat tidak melenceng dari yang diformat oleh Kementrian Sosial RI

"Tema kita adalah turunan dari tema yang dibuat oleh Kemensos yaitu:  Aku adalah Pahlawan Masa Kini, Bangga dan Cinta pada Pahlawan Pendiri Negeri." Ungkapnya.

Upacara apel bendera ini berjalan mengesankan, karena pengibaran bendera sendiri dipersiapkan dengan matang. Isnaini sendiri mengutarakan kebanggaannya kepada pasukan pengibar bendera yang telaten sehingga menambah kekhusyuan jalannya upacara. Ia mengatakan, "kita Paris berbangga mengacungi jempol kemampuan anak-anak Paskibra ini, mereka sangat piawai."

Hj. Lale Yaqutunnafis, S.Sos., MM salah seorang cucu pahlawan nasional asal Lombok NTB Maulana Syaikh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid dari putrinya Hj. Raihanun Zainuddin Abdul Madjid didapuk sebagai pembina acara. Dalam kesempatan tersebut Lale Yaqut, panggilan akrabnya membacakan amat upacara yang ditulis oleh Menteri Sosial Republik Indonesia.

Dalam pidato penyampaian amanat, Lale Yaqut mengutip bahwa Peristiwa Perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri. semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia.

Lebih jauh ia mengutip amanat Kemensos RI "Dengan Peringatan Hari Pahlwan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa "....hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menajdi bangsa yang besar...". Selain itu peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak - anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan masa kini."

Selain itu, dalam kutipan amanat yang disampaikan Lale Yaqut, dipesankan bahwa Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahakan nyawa. sekarang, untuk menajdi pahlawa, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa, dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakt, membawa harum nama bangsa di mata Internasional.

0 Response to "Yasasan Pendidikan Darul Mujahidin NW Mataram menggelar Apel Hari Pahlawan "

Post a Comment