Musyawwarah Wilayah V NW Sultra dibuka Ketua I PBNW

*Foto jajaran PBNW dan PWNW Sultra*

Sultra(Krikkrik.net)-Musyawwarah Wilayah (Muswil) V NW Sulawesi Tenggara dibuka langsung oleh Ketua I PB NW Prof. Dr. H. Agil Al-idrus, M. Si. Dalam Kesempatan tersebut Prof Agil (sapaan akrabnya) Menjelaskan Mekanisme Musyawwarah dalam pemilihan merupakan proses Demokrasi yang harus tetap dilaksanan, menurutnya Mekanisme tersebut sudah ada sejak Pendiri Nahdlatul Wathan TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid masih Hidup, dan harus dilaksanakan sebagai warisan Budaya untuk Generasi yang Selanjutnya.

"bahwa Muktamar merupakan proses demokrasi dalam memilih pemimpin dan ini sudah menjadi budaya sejak zaman Maulana Syaikh dan harus tetap dilestarikan, Begitu juga dengan Musyawarah Wilayah Nahdlatul Wathan ini, harus tetap dilaksanakan, mau tidak mau karena ini adalah momentum lima tahunan dalam memilih pimpinan dan ini semua demi kemajuan Nahdlatul Wathan dan tersebarnya agama Islam yang rahmatan Lil Alamin" ungkapnya

Guru Besar FKIP Universitas Mataram ini juga menjelaskan tentang Mekanisme Pemilihan pada Muktamar XIV beberapa bulan yang menetapkan Tuan Guru Bajang KH. M. Zainuddin Atsani sebagai Ketua Umum, dikala itu juga ia menjadi Pimpinan sidang, ia juga menjelaskan Keberadaan Nahdlatul Wathan saat ini tidak hanya tersebar di Nusantara Namun ada ada juga dibeberapa Negara didunia, karena itu ia menghimbau untuk terus memperjuangkan yang Cita-Cita pendiri NW.

"Ketua umum PBNW hasil Muktamar XIV juga merupakan hasil demokrasi yang sangat panjang karena tidak mudah menentukan pilihan, tidak mudah mengambil kebijakan ketika menjadi seorang pimpinan sidang. Waktu muktamar XIV seluruh komponen hadir dari seluruh pengurus wilayah dan perwakilan sekaligus Pimpus badan otonom dan menyatakan sikap dengan kesepakatan bahwa Tuan Guru Bajang Zainuddin Atsani sebagai ketua umum PBNW.
Nahdlatul Wathan sudah tersebar bukan hanya di Indonesia dan saat ini kita harus memanfaatkan alumni dan jamaah untuk menyebarkan Nahdlatul Wathan begitu juga dengan alumni Ma'had yang sudah ada bekal dari sudut keagamaan harus kita manfaatkan sebaik mungkin untuk mewujudkan cita-cita mulia Maulana Syaikh. tuturnya
*Foto Ketua I PBNW Prof. Dr. H. Agil Al-idrus*

Pembukaan Muswil V NW Sultra tersebut dilaksanakan di Zahra Hotel, pada hari Jum'at 27/09, dan diahdiir oleh Dewan Mustasyar ( Dewan Penasihat) PBNW, TGH. Lalu Anas Hasyri, dan TGH. Zaini Abdul Hannan, M. PD beserta PBNW diantaranaya Ketua I PBNW Prof. Dr. Agil Al-idrus, Sekjen PBNW Prof. Dr. Tgh. Fakhrurrozi Dahlan, Ma. Wakil sekretaris Dr. Muhammad Thohri, M.Pd. Dewan Mustasyar PBNW TGH. Anas Hasyri, Seluruh Pengurus NW Sultra dari tingkat Wilayah sampai Ranting, dan beberapa pejabat pemerintah Prov. Sulawesi tenggara.

Sementara itu ketua wilyah Nahdlatul Wathan Provinsi Sultra Jamhuri Karim, QH, S.Pd menceritakan Keberadaan NW di Sultra sudah lebih dari dua Dekade, memiliki 6 jajaran ditingkat Kabupaten dari 17 Kabupaten/Kota yang ada dan memiliki Puluhan Lembaga pendidikan dari tingkat Paud hingga Sekolah Menengah Lanjutan Atas (SLTA).

"Nahdlatul Wathan sudah ada di Prov Sulawesi tenggara sejak tahun 1996 semasa Maulana Syaikh sampai sekarang dan hari ini sudah tersebar dan memiliki 6 Pengurus Daerah NW dari jumlah 17 Kab/kota di kab. Sulawesi tenggara dan memiliki 6 Pondok Pesantren yang dibawahnya berdiri puluhan Madrasah dari tingkat PAUD/TK, MI, MTs/SMP &SMA/MA" Tuturnya

Akses lokasi yang berjauhan antar sesama jamaah NW merupakan kendala untuk berkoordinasi Namun melihat kondisi seperti itu ketua Umum PBNW yang lalu Hj. Sitti Raehnun Zainuddin Abdul Madjid mengirimkan tenaga pendidik dari Lombok sehingga memudahkan mereka untuk berjuang menyebarkan amanat Organisasi Nahldatul Wathan.


"Kendala yang dihadapi ialah jauhnya lokasi karena banyak yang terdapat di pulau-pulau namun Alhamdulillah ketua umum yang lama selalu mengirimkan kami tenaga pengajar dari Ma'had dan yang sudah menyelesaikan S1 nya. Ini pula yang menggagas masyarakat lebih aktif dalam peningkatan SDM dan Da'i Nahdlatul Wathan telah berperan aktif dalam menyebarkan syi'ar agama Islam di provinsi Sulawesi tenggara" tnadasnya.

0 Response to "Musyawwarah Wilayah V NW Sultra dibuka Ketua I PBNW"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel